Minggu, 09 Februari 2014

Software Retail (Software POS)

Software retail POS untuk penjualan barang retail. Dengan fitur yang komplit dan support multiuser via LAN ataupun internet.
support printer dot matrix, barcode scanner, cash drawer dan bisa untuk beberapa kasir dalam satu jaringan, licensi berlaku untuk beberapa komputer didalam satu nama toko dan alamat yang sama
Untuk software distributor sangat direkomendasikan software SID Retail PRO 

FITUR SECARA GARIS BESAR
  1. Support barcode scanner
    barcode Software bisa dihubungkan melalui alat barcode sistem, support untuk semua merek dan type barcode, sehingga akan mempercepat transaksi penjualan di toko anda, tapi jika anda belum mempunyai barcode disediakan opsi pencarian
  2. Program bisa dihubungkan ke jaringan
    jaringan software bisa terhubung via LAN(Local Area Network) untuk beberapa kasir didalam satu toko ataupun via Internet yang memungkinkan owner (pemilik toko) bisa akses dari manapun tanpa harus datang ke toko tersebut
  3. Melakukan penjualan eceran
    Untuk melakukan transaksi penjualan barang eceran tunai (cash) di toko atau kredit (tempo)
  4. Melakukan penjualan grosiran (partai)
    Untuk melakukan transaksi penjualan barang eceran tunai (cash) di toko atau kredit (tempo)
  5. Multi User
    multiuser software bisa digunakan secara bersamaan dengan user yang berbeda beda, bisa diakses dari gudang(backoffice), kantor, maupun dari kasir depan secara bersamaan
  6. Transfer barang dari pusat ke cabang
    Untuk mengirim data dari pusat ke cabang, ini digunakan jika toko mempunyai beberapa beberapa cabang
  7. Pembelian barang ke supplier
    Untuk Pemesanan stok barang ke supplier secara cash maupun tempo
  8. Multi Harga Jual
    Harga bertingkat untuk penjualan eceran dan grosiran
  9. Pembayaran hutang dan piutang
    Input transaksi pembayaran hutang ke supplier, maupun penerimaan pembayaran piutang dari pelanggan
  10. Koreksi stok barang
    Memperbaiki stok barang yang ada digudang dengan stok barang yang ada di program
  11. Mencatat Pengeluaran (biaya operasional)
    Mencatat pengeluaran dan biaya yang dilakukan di toko
  12. Otorisasi User
    Mengatur akses dari masing2 user berdasarkan tingkat dan jabatannya masing masing
  13. Mencetak Laporan
    Mencetak berbagai macam jenis laporan, mulai dari laporan stok, laporan pembelian, laporan penjualan, dll
DETAIL FITUR SILAHKAN LIHAT DIBAWAH
  1. login user -> software retail dilengkapi dengan password untuk masing2 user
  2. multi user-> software minmarket support untuk beberapa user,bisa ditambah,edit, dan dan di hapus
  3. Level Akses -> admin bisa mengatur user sesuai dengan wewenangnya masing - masing,sehingga akan mempermudah petugas minimarket dalam mengatur karyawannya
  4. support client server -> software retail dirancang dengan menggunakan database mysql versi terbaru,bisa melakukan akses antara client dan server, sehingga bisa digunakan untuk jaringan lokal maupun internet
  5. data barang -> bisa edit,tambah,hapus
  6. data jasa, saldo elektrik -> bisa edit,tambah,hapus
  7. data supplier -> bisa edit,tambah,hapus
  8. data pelanggan -> bisa edit,tambah,hapus
  9. data cabang -> bisa edit,tambah,hapus
  10. data member -> bisa edit,tambah,hapus
  11. data kas -> bisa menggunakan beberapa kas
  12. master biaya -> untuk keperluan biaya operasional
  13. Penjualan dengan harga bertingkat (ex : qty 1 Harga jual Rp 3000, qty 12 Harga jual Rp : xxx.xxx, level harga jual berdasarkan qty tidak dibatasi
  14. Penjualan Barang Tunai dan Tempo(Kredit) -> penjualan bisa dilakukan secara tunai ataupun tempo dalam waktu yang bisa ditentukan sendiri oleh user (pengguna) dan akan dimasukkan kedalam daftar piutang
  15. Pembulatan Otomatis
  16. pemesanan barang ke supplier secara langsung-> Mencatat transaksi pembelian barang kesupplier secara langsung tanpa melalui pesanan(order)
  17. Purchase Order(PO) -> Pemesanan barang ke supplier, dan penerimaan pesanan jika barang sudah diterima
  18. Pembelian barang secara Tunai (tempo), Cash
  19. Pembayaran hutang ke supplier-> membayar hutang transaksi pembelian yang belum lunas ke supplier
  20. Penerimaan piutang dari pelanggan-> software retail ini juga menyediakan form untuk PIUTANG pelanggan serta form untuk pembayaran PIUTANG pelanggan,bisa edit,tambah,hapus
  21. Return pembelian barang -> jika barang yang dibeli rusak atau cacat, bisa dikembalikan ke supplier, otomatis akan mengurangi faktur atau jumlah piutang ke supplier
  22. Penerimaan return pembelian -> barang yang direturn akan dikembalikan lagi oleh supplier
  23. return penjualan barang -> menerima barang yang dijual ke pelanggan jika barang tsb rusak atau cacat
  24. Pengeluaran (biaya operasional) -> transaksi pengeluaran biaya operasional, yang akan mengurangi saldo kas secara otomatis sesuai dengan jumlah total pengeluaran
  25. Mutasi antar kas (bank) -> Pemindahan kas dari toko ke bank, atau sebaliknya (ex : Transfer dana dari toko ke bank, atau pengambilan uang dari bank dan dimasukkan ke toko)
  26. Koreksi stok -> untuk meyesuaikan stok fisik dengan stok di komputer, jika ada yang tidak sesuai atau disebut dengan stok opname
  27. Penukaran Point member dengan barang -> setiap member yang membeli akan mendapatkan point, dan point yang sudah terkumpul bisa ditukarkan dengan uang atau barang
  28. History pemakaian program -> Melihat aktivitas yang terjadi pada software dari mulai sampai tutup program, sehingga memudahkan manajemen untuk mencek transaksi yang terjadi pada toko atau minimarket
  29. Pengaturan footer nota sesuai keinginan -> Footer nota (keterangan nota kwitansi) bisa di set sendiri sesuai dengan kebutuhan
  30. Metode perhitungan laba rugi bisa di set sesuai kebutuhan, bisa menggunakan FIFO atau Average (opsi bisa dipilih dan disesuaikan dengan kebutuhan toko)
  31. Mengganti background (gambar desktop) software -> tampilan latar belakang (desktop) bisa di ganti sesuai dengan keinginan
  32. Viaw active user -> Melihat operator yang sedang login (aktiv), sehingga manajemen bisa melihat jam masuk, jam pulang, jumlah kas jual, kas awal dan kas akhir pada saat logout
  33. Default backup -> Software backup data secara otomatis dalam format SQL, lokasi backup bisa di tentukan sendiri oleh user(pengguna program)
  34. Proteksi NULL stok -> Software bisa di set jika stok barang tidak ada saat melakukan transaksi penjualan, bisa di Lost(abaikan) atau Lock(Kunci) yang mengakibatkan jika tidak ada stok tidak bisa melakukan penjualan
  35. backup database, import database -> database bisa disimpan ke tempat lain dan bisa di load kembali
  36. konfigurasi koneksi ke ip address server via LAN (Komputer jaringan pada minimarket)
  37. Software bisa diakses dari luar kota (Via Internet) -> sehingga owner bisa melihat transaksi yang ada di toko tanpa harus datang ke lokasi
  38. Laporan pembelian berdasarkan periode tertentu, bisa dipilih
  39. Laporan pembelian berdasarkan supplier, bisa dipilih atau semua
  40. Laporan pembelian berdasarkan barang, bisa dipilih atau semua
  41. Laporan return pembelian berdasarkan periode (tanggal)
  42. Laporan penerimaan return pembelian
  43. Laporan konsinyasi
  44. Laporan return konsinyasi
  45. Laporan penjualan berdasarkan periode tertentu, bisa dipilih
  46. Laporan penjualan berdasarkan pelanggan, bisa dipilih atau semua
  47. Laporan penjualan berdasarkan barang, bisa dipilih atau semua
  48. Laporan penjualan berdasarkan kasir (operator)
  49. Laporan penjualan berdasarkan kategori barang, bisa dipilih atau semua
  50. Laporan penjualan berdasarkan member, bisa dipilih atau semua
  51. Laporan penjualan ke cabang, bisa dipilih atau semua
  52. Laporan Return penjualan berdasarkan periode (tanggal)
  53. Laporan Komisi SPG (operator) -> karyawan yang aktiv melayani pelanggan akan mendapatkan komisi yang lebih
  54. Laporan stok barang available -> Mencetak laporan stok barang yang tersedia
  55. Laporan stok barang yang sudah limit
  56. Laporan stok barang yang overload (kelebihan pesanan)
  57. Laporan koreksi stok/perubahan stok
  58. Price list -> Mencetak laporan price list (daftar harga)
  59. Laporan kartu stok barang pertanggal, perbulan -> sehingga manajemen bisa melihat perobahan stok yang terjadi tiap hari, stok masuk, stok keluar dan sisa stok utk hari berikutnya
  60. Laporan point member dan karyawan
  61. Laporan pengeluaran berdasarkan periode (tanggal)
  62. Laporan pengeluaran berdasarkan kategori pengeluaran
  63. Laporan kas -> mencetak jumlah saldo kas yang tersedia dan history debet dan kreditnya
  64. Laporan mutasi kas (perpindahan kas)
  65. Laporan laba rugi disediakan dalam bentuk text atau grafik
  66. Laporan hutang
  67. Laporan hutang jatuh tempo
  68. Laporan histori pembayaran hutang berdasarkan periode
  69. Laporan histori pembayaran hutang berdasarkan supplier
  70. Laporan piutang
  71. Laporan piutang jatuh tempo
  72. Laporan histori pembayaran piutang berdasarkan periode
  73. Laporan histori pembayaran piutang berdasarkan pelanggan, member, cabang
  74. Laporan mutasi hutang piutang
  75. Laporan Point member dan karyawan
  76. Melihat histori pembakaian barang
  77. Barcode Scanner -> Softwre support membaca barcode scanner
  78. Service Customer Online (program bisa kirim email ke admin untuk konsultasi dan komplain)
  79. Print Nota Penjualan dalam berbagai format (struk kecil, struk sedang, struk besar/faktur)
  80. Registrasi (pemesanan) dapat dilakukan secara otomatis online di software retail

Cara Installasi

  • Download software retail
  • Install software retail yang sudah anda download
  • untuk login demo version
    username : master
    password : [kosongin aja]

Link Download :
(File Instaler di kompres dengan RAR dan di potong per 2 MB, dengan maksud biar gampang downloadnya)
Part1
Part2
Part3
Part4  
Part5